Support Emas Masih Kuat Ketika Tergelincir : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Support Emas Masih Kuat Ketika Tergelincir

April 20, 2017
Support Emas Masih Kuat Ketika Tergelincir

Harga Emas tergelincir pada sesi sebelumnya karena dolar sedikit pulih dari level terendah tiga minggu pada sesi sebelumnya ketika permintaan investasi safe haven sedikit tertekan di tengah pemulihan mata uang dolar dan saham global. Namun kekhawatiran geopolitik tentang Korea Utara dan pemilihan presiden di Perancis terus memberikan dukungan kuat pada investasi safe haven. Saat ini, harga emas berada di kisaran USD 1279.40 per troy ounce.

Ekonomi AS

Dolar hanya naik tipis dan berada di dekat level terendah tiga minggu ketika data perumahan AS dirilis mengecewakan sehingga menimbulkan kegelisahan di pasar ketika pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Jepang sedang dilakukan.

Wakil Presiden AS, Mike Pence, pada hari Selasa, meyakinkan Jepang tentang komitmen Amerika untuk mengekang ambisi nuklir dan rudal Korea Utara, setelah memperingatkan bahwa serangan di Suriah dan Afghanistan merupakan bukti tekad AS untuk menjaga kawasan.

Ketidakpastian

Dari Perancis, investor terlihat cemas menjelang putaran pertama pemilihan presiden yang akan dilakukan pada hari Minggu tanggal 23 April 2017, meskipun sebuah jajak pendapat menempatkan Emmanuel Macron berada di urutan pertama, tepat di depan kandidat kanan anti-euro, Marine Le Pen.

Secara teoritis, kekhawatiran pemilihan Perancis memberikan beberapa dukungan untuk emas dimana ada kemungkinan bahwa dolar akan terus melemah jika Le Pen mengalami kekalahan dan ditambah dengan kebijakan reformasi pajak serta belanja infrastruktur AS yang tidak jelas targetnya.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May telah menambah daftar ketidakpastian ketika Inggris dikhawatirkan akan melakukan pemilu ulang pada bulan Juni 2017.

Teknikal

Pada hari Rabu, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1289.44 per troy ounce. Harga Emas kembali bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1273.93 per troy ounce. Akhirnya harga emas ditutup pada kisaran USD 1279.35 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat kerugian terhadap dollar sebanyak USD 10.09.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish walaupun saat ini harga emas sedang terkoreksi. Harga emas masih terlihat berada di antara indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support dan resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 47 dengan indikasi berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi dalam kondisi bearish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas sedang terkoreksi. Waspadai, jika harga emas menguat terhadap dollar maka resistan USD 1283.97 per troy ounce harus ditembus terlebih dahulu dimana ada potensi USD 1295.39 per troy ounce akan di sentuh oleh pergerakan selanjutnya. Tetapi sebaliknya, jika harga emas bergerak ke bawah maka support pada kisaran USD 1271.20 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi support USD 1258.43 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer
Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.