Perombakan Reformasi Pajak Tekan Harga Emas : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Perombakan Reformasi Pajak Tekan Harga Emas

December 04, 2017
Perombakan Reformasi Pajak Tekan Harga Emas

Harga Emas berhasil rebound pada hari Jumat di tengah meningkatnya ketidakpastian politik, yang membuat risk appetite meningkat. Semua kerugian pada hari Kamis kembali pulih ketika harga emas meninggalkan harga terendah disaat indeks Dow Jones turun sebanyak 350 pts dalam sehari.

Dilaporkan Senat AS pada hari Sabtu menyetujui perombakan pajak, yang mendorong janji kampanye Presiden Donald Trump untuk reformasi pajak selangkah mendekati kenyataan. Jika berhasil, ini akan menjadi reformasi pajak terbesar sejak tahun 1980an, dimana partai Republik berencana menambahkan sekitar USD 1,4 triliun ke dalam hutang nasional sebesar USD 20 triliun untuk meningkatkan ekonomi AS. Partai Republik berharap bisa mencapai kesepakatan sebelum masa reses Natal.

Langsung Turun

Harga emas langsung turun pada hari Senin di sesi Asia karena ekspektasi bahwa pemotongan pajak AS semakin dekat dan berita seputar penyelidikan campur tangan Rusia dalam pemilihan umum AS pada tahun 2016. Harga emas turun 0,36% menjadi USD 1277.10 per troy ounce.

Sempat Naik

Jumat lalu, harga emas naik lebih tinggi setelah Michael Flynn mantan penasihat keamanan Trump mengaku berbohong kepada Federal Bureau of Investigation tentang hubungannya dengan duta besar Rusia untuk AS pada Desember 2016. Dia juga mengaku berbicara dengan seorang anggota puncak tim transisi Trump mengenai komunikasinya dengan duta besar Rusia.

Emas Fisik

Permintaan emas secara fisik kemungkinan akan stabil pada minggu ini karena sebagian besar pembeli dari Asia berharap harga emas turun lebih lanjut di tengah meningkatnya selera untuk investasi berisiko. Emas masih di cari para pelaku pasar untuk menjaga dari lingkungan ketidakpastian.

Teknikal

Pada hari Jumat, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1274.35 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1276.10 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1279.88 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat keuntungan harian terhadap dollar sebanyak USD 5.53.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas sedang melakukan fase konsolidasi. Harga emas masih terlihat berada di bawah indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 36 dengan indikasi berada dalam kondisi bearish. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang berkonsolidasi. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka ada potensi support USD 1270.15 per troy ounce akan ditembus dimana ada potensi support USD 1252.56 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan fase rebound maka resistan USD 1281.21 per troy ounce akan ditembus dimana ada potensi resistan USD 1288.04 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer 

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.