Perhatikan Emas Terus Tekan Dollar : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Perhatikan Emas Terus Tekan Dollar

January 06, 2017
Perhatikan Emas Terus Tekan Dollar

Harga Emas pada hari Jumat bergerak dekat level tertinggi dengan membuat pergerakan ke atas dan menyentuh level tertinggi 5-minggu terbaru ketika permintaan investasi safe haven meningkat dengan mencari petunjuk kenaikan suku bunga AS pada tahun 2017.

Kondisi Pasar

Pasar saham AS tampaknya sedang berjuang untuk mempertahankan momentum karena investor mengurangi investasi beresiko ketika sejumlah analis terkemuka memperingatkan bahwa akan ada koreksi di pasar saham yang signifikan di tahun 2017.

Permintaan safe-haven masuk ke pasar obligasi dan mengakibatkan imbal hasil bagi membebani dolar dan memberikan penarik tambahan untuk logam emas menjelang laporan pekerjaan AS yang sangat penting.

Ekonomi AS

Diperkirakan data nonfarm payrolls AS naik 175k pada bulan Desember dan tingkat pengangguran akan tercentang lebih tinggi menjadi 4,7%.

Hasil, survei ketenagakerjaan ADP AS menunjukkan ada kemungkinan beberapa risiko downside pada sektor gaji.

Harga emas telah meningkat secara signifikan dan telah berhasil naik ke atas dengan melampaui dua resistan penting. Harga emas berpotensi akan semakin meningkat lebih lanjut jika data ekonomi AS yang dirilis lebih buruk.

Ekonomi Cina

Data ekonomi dari Cina yang akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang diperkirakan akan memberikan informasi bahwa negara ekonomi terbesar kedua di dunia akan melakukan momentum padat pada tahun 2017, karena kebijakan stimulus pemerintah dan booming sektor konstruksi akan meniupkan pertumbuhan ekonomi.

Bank sentral Cina merupakan 6 bank sentral terbesar kepemilikan emas di dunia, dengan lebih dari 1800 ton emas telah menjadi cadangan resmi menurut laporan Bank Rakyat China. Cadangan emas telah naik empat kali lipat sejak awal tahun 2000-an.

Teknikal

Pada pergerakan hari Kamis, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1163.42 per troy ounce. Harga Emas kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1184.87 per troy ounce. Akhirnya harga emas ditutup pada kisaran USD 1179.84 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 16.42.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berada dalam kondisi bullish dan saat ini emas sedang berada dalam fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 65 dengan indikasi berada dalam kondisi jenuh beli. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini sedang berada dalam fase rebound. Waspadai, jika harga emas menguat terhadap dollar maka resistan USD 1184.87 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi emas bergerak menuju resistan USD 1199.75 per troy ounce. Tetapi sebaliknya, jika harga emas bergerak ke bawah maka support pada kisaran USD 1169.99 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi support USD 1160.81 per troy ounce akan menjadi area target pergerakan harga emas selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer
Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. AntamGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.