Ketidakpastian Membuat Harga Emas Konsolidasi : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Ketidakpastian Membuat Harga Emas Konsolidasi

June 12, 2018
Ketidakpastian Membuat Harga Emas Konsolidasi

Hingga berita ini diulas, terlihat harga Emas hampir tidak banyak berubah karena investor menunggu hasil pertemuan the Fed yang diperkirakan akan menaikkan suku bunga AS dan pertemuan antara Trump dengan Kim Jong Un pada minggu ini. Harga emas naik sebanyak 0,2 persen dan berada pada kisaran USD 1300.16 per troy ounce.

Pergerakan Emas berakhir dengan kenaikan moderat pada sesi sebelumnya dengan mempertahankan kisaran perdagangan yang ketat dan fase “stand aside” yang terlihat pada pertemuan Trump dan Jong Un.

Fed

Federal Reserve AS kemungkinan akan menaikkan target suku bunga di atas tingkat inflasi untuk pertama kalinya dalam satu dekade pada minggu ini ketika Ekspansi pertumbuhan ekonomi berpotensi akan berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi.

Trump

Tanda-tanda menggembirakan dari pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura terlihat mengurangi daya tarik safe haven emas.

Trump mengatakan KTT dapat "berjalan dengan sangat baik" untuk mempersempit perbedaan tentang bagaimana cara mengakhiri kebuntuan nuklir di semenanjung Korea.

Pada hari Senin, Trump melakukan tweet dengan melampiaskan kemarahan pada sekutu NATO, Uni Eropa dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau setelah pertemuan G7 yang terpecah belah selama akhir pekan.

Tweet Trump : Fair Trade is now to be called Fool Trade if it is not Reciprocal. According to a Canada release, they make almost 100 Billion Dollars in Trade with U.S. (guess they were bragging and got caught!). Minimum is 17B. Tax Dairy from us at 270%. Then Justin acts hurt when called out!

BoJ

Pada minggu ini, pembuat kebijakan Bank of Japan akan melakukan pertemuan debat mengenai faktor struktural yang mungkin akan berada di belakang inflasi yang masih melambat dan mengecewakan sehingga memaksa BoJ kembali memangkas perkiraan bank sentral mengnai tinjauan kuartalan pada bulan Juli.

Teknikal

Pada hari Senin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1298.75 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1301.99 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1299.97 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapatkan keuntungan harian sebanyak USD 1.22.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas masih berada dalam fase konsolidasi. Harga emas masih terlihat berada diatas indicator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 49 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bullish dan saat ini jika diperhatikan harga emas masih berada dalam fase konsolidasi. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1294.80 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi USD 1288.06 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Sebaliknya jika resistan USD 1301.53 per troy ounce ditembus maka ada potensi resistan terdekatnya di kisaran USD 1307.56 per troy ounce akan disentuh dan membuat bias harian berubah menjadi bullish.

 

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.