Kekhawatiran Perang Dagang Bawa Emas Rebound : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Kekhawatiran Perang Dagang Bawa Emas Rebound

June 06, 2018
Kekhawatiran Perang Dagang Bawa Emas Rebound

Harga emas bergerak ke area yang lebih tinggi pada awal perdagangan Asia pada hari Rabu karena dolar AS dan pergerakan imbal hasil treasury AS melemah di tengah kekhawatiran tentang perdagangan global setelah Amerika Serikat mengenakan tarif impor kepada sekutu-sekutunya.

Harga emas naik sebanyak 0,2 persen dan berada pada kisaran USD 1297.64 per troy ounce. Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama terlihat turun sebanyak 0,1 persen dan beada pada kisaran 93,829.

Italia

Hasil Treasury AS jatuh pada Selasa karena pedagang menumpuk kembali ke utang pemerintah berisiko rendah setelah perdana menteri baru Italia bersumpah untuk memberlakukan kebijakan ekonomi yang bisa membengkak beban utang negara yang sudah berat.

Pasar meligat kondisi politik di Italia ketika Perdana menteri Italia yang baru berjanji pada hari Selasa untuk membawa perubahan radikal termasuk kesejahteraan dan tindakan keras terhadap imigrasi, karena kedua bos partai yang memegang kunci-kunci pemerintahan anti-establishment.

Bea Impor

Presiden AS Donald Trump sedang mempertimbangkan perubahan dalam upaya untuk mengubah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara untuk memisahkan pembicaraan dengan Kanada dan Meksiko, ujar penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow pada hari Selasa.

Meksiko telah menetapkan tarif impor kepada produk-produk Amerika mulai dari baja hingga babi dan bourbon pada hari Selasa, pembalasan tersebut dilakukan setelah Presiden AS Donald Trump memberlakukan bea impor pada logam yang membidik kubu Republik menjelang pemilihan kongres AS pada November.

Uni Eropa tidak mengharapkan adanya terobosan pada tarif baja dan aluminium yang dikenakan oleh Amerika Serikat pada Uni Eropa dan Kanada pada pembicaraan para pemimpin G7 di Kanada akhir pekan ini, kata seorang pejabat senior Uni Eropa pada Selasa.

AS

Aktivitas sektor jasa AS meningkat pada bulan Mei, menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang kuat pada kuartal kedua, tetapi tarif perdagangan dan kekurangan pekerja menjadi ancaman bagi prospek pertmbuhan ekonomi.

Kenaikan suku bunga Federal Reserve berikutnya akan menandai tonggak utama sebagai era pelemahan dolar yang telah mengganggu pasar obligasi AS ketika inflasi yang sudah sedikit meningkat.

Teknikal

Pada hari Selasa, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1292.07 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1300.35 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1296.15 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapatkan keuntungan harian sebanyak USD 4.08.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas masih berada dalam fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di antara indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support dan resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 52 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas masih berada dalam fase rebound. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1291.78 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi USD 1282.03 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Sebaliknya jika resistan USD 1301.53 per troy ounce ditembus maka ada potensi resistan terdekatnya di kisaran USD 1317.31 per troy ounce akan disentuh dan membuat bias harian berubah menjadi bullish.

 

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.