Investasi Emas Jadi Pilihan : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Investasi Emas Jadi Pilihan

January 21, 2016
Investasi Emas Jadi Pilihan

Emas diperdagangkan dengan bergerak ke level tinggi dan didukung oleh volatilitas yang terus-menerus terjadi di pasar saham global. Penurunan harga minyak dan data CPI AS yang dirilis di sesi sebelumnya juga ikut menambah daya dorong pergerakan emas. Tawaran safe haven telah mendorong logam emas kembali berada di atas USD 1100 per troy ounce.

Volatilitas

Volatilitas yang sering terjadi akhir-akhir ini dimulai dari bursa saham Cina dan data GDP yang dirilis juga ikut menambah investor untuk kecewa karena tidak adanya respon dari pemerintah. Beberapa spekulasi bahwa stimulus akan dilakukan telah menjadikan daya dorong pasar.

Pergerakan saham global kembali terpukul lagi dan bursa Wall Street ikut memproses kerugian ketika indeks Dow Jones turun lebih dari 500 poin. Investor terlihat keluar dari pasar saham dan mencari investasi safe haven seperti emas.

The Fed

Data perumahan AS yang lemah dan penurunan inflasi konsumen menjadi 0,1% pada bulan Desember telah menambah bukti bahwa ekonomi AS belum banyak bergerak. Pasar tidak tahu, apakah kenaikan suku bunga lanjutan oleh the Fed akan dilakukan minggu depan ? tetapi masih ada spekulasi yang berkembang bahwa the Fed akan mampu menaikkan suku bunga pada bulan Maret.

BoJ dan ECB tidak mempunyai kemampuan untuk berbuat lebih banyak, terutama di ranah QE. Kenaikan suku bunga the Fed pada bulan Desember telah merusak kredibilitas.

Perhatikan, sementara ini, emas menerima dukungan dengan menguat lebih lanjut ketika harga minyak terus merosot tajam, dolar melemah dan kerugian di pasar saham global telah mendukung permintaan untuk investasi yang dianggap lebih aman. Apakah anda sudah mempunyai investasi yang aman ?

Teknikal

Pada pergerakan hari Rabu, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1086.89 per troy ounce. Harga Emas langsung bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1109.53 per troy ounce. Akhirnya harga emas ditutup pada kisaran USD 1100.83 per troy ounce. Pergerakan emas masih mendapatkan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 13.94.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi rebound. Harga emas terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level  58 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bearish minor. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi bearish minor.
 
Secara umum, harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali berada dalam kondisi rebound bullish dan jika diperhatikan saat ini harga emas sedang terkoreksi. Jika harga emas menguat maka resistan USD 1112.98 per troy ounce harus ditembus oleh pergerakan harga dimana ada potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistan USD 1127.91 per troy ounce. Sebaliknya, jika harga emas menembus support USD 1092.01 per troy ounce maka ada kemungkinan emas akan bergerak ke bawah untuk menyentuh support berikutnya pada kisaran USD 1079.05 per troy ounce. 

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer
Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. AntamGold.com  tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.