Harga Emas Stabil Tunggu Penggerak Data : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Rencana Emas

ANALISA EMAS

Harga Emas Stabil Tunggu Penggerak Data

June 08, 2018
Harga Emas Stabil Tunggu Penggerak Data

Harga emas masih belum banyak berubah pada hari Jumat karena investor tetap berhati-hati menjelang peristiwa penting pada minggu depan seperti pertemuan kebijakan Federal Reserve AS dan pertemuan puncak antara Amerika Serikat dan Korea Utara.

Dominasi dolar AS diperkirakan akan segera memudar jika terjadi perubahan mendadak dalam ekspektasi untuk kebijakan bank sentral lainnya yang dapat menimbulkan risiko.

Support

Pemimpin negara Kelompok Tujuh sedang melakukan KTT di Kanada yang dimulai pada hari Kamis ketika kebijakan Presiden AS Donald Trump berisiko menyebabkan perang perdagangan global.

Trump pada hari Kamis mengulurkan prospek mengundang pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ke Gedung Putih jika dia menganggap KTT minggu depan kurang sukses.

Pada minggu depan, The Fed AS kemungkinan akan menaikkan target suku bunga ketika tingkat inflasi untuk pertama kalinya naik dalam satu dekade.

Pada tahun ini, zona euro masuk ke dalam pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat karena kekhawatiran perang dagang dengan Amerika Serikat tampak mengambil tekanan di pasar, menurut sebuah data resmi menunjukkan pada sesi sebelumnya.

Swiss

Dana pensiun pemerintah Swiss, Swiss AHV / AVS Fund, telah memutuskan untuk melakukan diversifikasi ke emas batangan fisik dalam portofolio pensiun sebanyak CHF35.2bn atau € 30,5bn.

Pada bulan Maret komite investasi menegaskan keputusan untuk mengubah investasi dari swap logam mulia menjadi emas fisik.

Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan tentang mandat atau pergeseran dalam strategi.

Ini berarti pada akhir tahun paparan swap terhadap perak harus dihapus dan portofolio logam mulia hanya terdiri dari emas fisik.

Teknikal

Pada hari Kamis, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1296.55 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1302.95 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1296.66 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapatkan keuntungan harian sebanyak USD 0.11.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas masih berada dalam fase konsolidasi. Harga emas masih terlihat berada di antara indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support dan resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 49 dengan indikasi berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bearish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bullish dan saat ini jika diperhatikan harga emas masih berada dalam fase konsolidasi. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1294.80 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi USD 1288.06 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Sebaliknya jika resistan USD 1301.53 per troy ounce ditembus maka ada potensi resistan terdekatnya di kisaran USD 1307.56 per troy ounce akan disentuh dan membuat bias harian berubah menjadi bullish.

 

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.