Harga Emas Sempat Terpelanting : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Harga Emas Sempat Terpelanting

August 09, 2017
Harga Emas Sempat Terpelanting

Data lowongan kerja JOLTS AS dirilis melonjak ke rekor tinggi 6,1163 juta di bulan Juni dan membuat reaksi tajam pada pergerakan dolar. Data tersebut pada awalnya ditafsirkan positif oleh pasar tetapi kenyataannya, bahwa ada ketidakmampuan perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan akhirnya memberi kesan ada masalah sistemik di pasar tenaga kerja AS.

Neel Kashkari

Jika ada banyak persaingan untuk karyawan berkualitas, maka sector upah dapat dipastikan akan meningkat dengan cepat," kata Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari. Jika perusahaan enggan membayar untuk karyawan berkualitas, sepertinya ada kecenderungan akan menjadi tekanan bagi ekonomi.

Masalah lain yang terjadi di bulan Juni adalah rekor hutang kartu kredit di AS telah mencapai $ 1,021 triliun di bulan Juni. Rekor hutang sebelumnya ditetapkan pada bulan April 2008, hanya 5 bulan sebelum Lehman Brothers ambruk dan krisis keuangan global mencapai puncaknya. Memang, tidak perlu khawatir karena semua orang ingin mendapatkan pekerjaan untuk membayar hutang kartu kredit, karena masih ada lebih dari 6 juta lowongan kerja yang bisa dipilih.

Kongres AS

Dan berbicara tentang hutang, kabar dari Washington adalah bahwa kongres AS tidak mungkin menambah plafon utang . "Sebagian besar Partai Republik ingin melakukan sesuatu untuk menurunkan hutang," kata Perwakilan partai Republik Tom Cole.

Kongres hanya akan memiliki waktu sekitar 3 minggu untuk memenuhi beberapa kesepakatan untuk menaikkan plafon utang, begitu mereka kembali dari reses Agustus. Tentu saja mereka akan menaikkan plafon utang. Mereka selalu melakukannya. Emas akan selalu mendapat keuntungan dari tawaran safe haven.

Teknikal

Pada hari Selasa, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1257.63 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1265.17 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1261.88 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat keuntungan harian sebanyak USD 4.25.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas sedang berada dalam fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di antara indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support dan resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 54 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang rebound. Waspadai, jika harga emas menguat terhadap dollar maka resistan USD 1264.91 per troy ounce harus ditembus oleh pergerakan harga emas dimana ada potensi resistan USD 1274.07 per troy ounce akan menjadi target area selanjutnya. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan pergerakan ke bawah maka support pada kisaran USD 1254.65 harus ditembus dimana ada potensi support USD 1244.40 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.