Harga Emas Menjelang Laporan NFP AS : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Harga Emas Menjelang Laporan NFP AS

July 06, 2018
Harga Emas Menjelang Laporan NFP AS

Harga emas masih bergerak sedikit lebih tinggi pada sesi sebelumnya dengan sempat mengalami fase koreksi ringan setelah sempat berada di posisi terendah multi-bulan pada awal pekan ini. Rilis notulen rapat terakhir Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dilaporkan tidak memiliki dampak signifikan pada harga logam emas. Harga Emas bergerak naik sebanyak USD 3,60 per ounce pada isaran USD $ 1256.90 per troy ounce.

FOMC

Risalah FOMC mengupas kondisi anggota komite yang khawatir terhadap dampak ekonomi dari sengketa perdagangan antara AS dan mitra dagang utama. FOMC juga sedikit menurunkan tingkat pertumbuhan produk domestik bruto AS untuk kuartal kedua.

Harga emas terus bertahan naik bahkan setelah risalah dari pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve Juni menunjukkan keseluruhan optimisme pada ekonomi AS. Menurut risalah bulan Juni, para anggota dewan gubernur melihat perekonomian AS "sangat kuat" dengan kondisi inflasi meningkat menjadi 2% dalam jangka menengah. Dalam lingkungan ini, komite melihat kenaikan suku bunga sedikit di atas perkiraan jangka panjang mereka dalam dua tahun ke depan.

ADP Employment

Laporan pekerjaan nasional ADP untuk bulan Juni melaporkan ada kenaikan 177.000 dibanding dengan perkiraan dengan kenaikan 185.000 pekerjaan. Laporan pekerjaan AS yang lebih penting dari Departemen Tenaga Kerja akan dirilis pada hari Jumat, dengan perkiraan akan naik pada 195.000 pada bulan Juni.

AS dan Cina terus menuju ke area konfrontasi setelah memberlakukan sanksi perdagangan yang sudah diumumkan terhadap satu sama lain. Seorang pejabat China mengatakan pada hari Kamis bahwa AS menembakkan tembakan ke dunia, termasuk dirinya sendiri, ”dalam masalah perdagangan.

Teknikal

Pada hari Kamis, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1256.45 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1259.60 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1257.10 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapatkan keuntungan harian sebanyak USD 0.65.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas sedang melakukan fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 57 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang melakukan fase rebound. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1245.86 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi USD 1237.65 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Sebaliknya jika resistan USD 1259.16 per troy ounce ditembus maka ada potensi resistan di kisaran USD 1272.45 per troy ounce akan disentuh dan membuat bias harian berubah menjadi bullish.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.