Harga Emas Kembali Bersinar : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Harga Emas Kembali Bersinar

March 07, 2018
Harga Emas Kembali Bersinar

Harga emas kembali menguat dengan bergerak naik sebanyak lebih dari 1 persen pada sesi sebelumnya karena dolar AS melemah setelah Korea Utara memberi isyarat untuk membuka pembicaraan nuklir dan kondisi investor yang khawatir dengan kebijakan perdagangan AS yang agresif. Harga emas naik 1,1 persen dan berada di kisaran USD 1334.79 per troy ounce.

Korea

Dollar mencapai level terendah dua minggu karena para trader lebih berspekulasi pada investasi berisiko mata uang dan saham setelah sebuah berita yang menyatakan bahwa Korea Utara dan Korea Selatan akan melakukan KTT pertama. Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara bersedia untuk membahas denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

Potensi risiko geopolitik akan pindah menuju Semenanjung Korea untuk kondisi denuklirisasi.

Saham

Harga Saham turun di Amerika Serikat ketika ukuran pasar saham utama global naik karena didorong oleh keuntungan saham di pasar Asia setelah sempat terpukul pada Senin karena kekhawatiran

perang perdagangan global.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin mengatakan kabinet Trump akan berusaha untuk menjaga bea impor baja dan aluminium dari ancaman ekonomi.

Prospek

Sebuah laporan prospek mengatakan bahwa faktor paling signifikan yang mendorong harga emas adalah dolar AS. Prospek defisit pemerintah yang berkembang di AS berpotensi akan mendorong dollar lebih rendah lagi ketika ekspektasi suku bunga yang meningkat dapat meningkatkan mata uang lebih menguat.

Harga emas yang stabil di euro adalah bukti bahwa kinerja harga emas dalam dolar hanya dipengaruhi oleh mata uang AS. Sejak awal tahun, emas dalam mata uang euro kurang memiliki arahan, dengan bergerak berfluktuasi dalam range yang sempit antara € 1.070 dan € 1.100 per troy ounce.

Demikian juga, pengeluaran pemerintah AS menimbulkan risiko paling signifikan untuk mata uang. Defisit pemerintah AS akan meningkat menjadi $ 800 miliar pada tahun 2018 dan berpotensi naik sebesar $ 1,2 triliun pada tahun 2020.

Ekspansi defisit keuangan akan mengkhawatirkan ketika ekonomi AS berada dalam kondisi lapangan kerja membaik setelah delapan tahun. Defisit anggaran akan terlihat pada saat ekonomi turun yang dapat menimbulkan beban serius pada dolar AS dan memberikan daya apung pada harga emas.

Teknikal

Pada hari Selasa, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1319.47 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1338.32 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1334.09 per troy ounce. Pergerakan harga emas mengalami keuntungan sebanyak USD 14.62.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas sedang melakukan rebound. Harga emas masih terlihat berada di bawah indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 68 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang melakukan rebound. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1325.14 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi support terdekatnya di kisaran USD 1302.64 per troy ounce akan di sentuh oleh pergerakan harga selanjutnya. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan fase rebound maka resistan USD 1339.04 per troy ounce harus ditembus terlebih dahulu dimana ada potensi resistan terdekatnya di kisaraan USD 1361.54 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.