Emas Turun Karena Ketidakpastian : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Turun Karena Ketidakpastian

November 08, 2017
Emas Turun Karena Ketidakpastian

Harga emas turun 0,5 persen pada hari sesi sebelumnya dengan terkoreksi tipis dari area tertinggi di hari sebelumnya ketika rally dolar AS yang kuat telah mengurangi daya tarik investasi safe haven. Dolar naik 0,3 persen terhadap euro ketika investor bersepekulasi bahwa kebijakan moneter akan terus berbeda antara Amerika Serikat dan zona Eropa.

Dollar

Kekuatan dolar, bagaimanapun juga telah "membatasi kenaikan emas, di tengah ekspektasi terus-menerus terhadap perbedaan kebijakan moneter di masa depan.”. "Pasar masih memperkirakan bahwa the Fed akan melakukan kenaikan suku bunga pada bulan Desember, Sementara itu, sebagian besar bank sentral lainnya mempertahankan kebijakan dengan nada dovish."

Harga Minyak

Harga minyak turun setelah melakukan rally pada hari Senin ketika komisi pembersihan anti-korupsi yang dipimpin oleh Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Beberapa pangeran kerajaan dan elit bisnis ditangkap.

Donald Trump

Harga emas berpotensi akan mendapat dukungan dari kegugupan di pasar terkait dengan kunjungan Presiden AS Donald Trump yang sedang berkunjung ke Korea Selatan. Hal itu dapat memberi dukungan kepada emas dalam beberapa hari mendatang.

Emas tergelincir karena imbal hasil Treasury jatuh sebanyak -0,27% setelah penurunan pada awal perdagangan di minggu ini. Turunnya harga emas didorong oleh perjalanan Presiden Donald Trump ke Asia pada minggu ini, di mana ketegangan Korea Utara berpotensi akan muncul sehingga membuat beberapa ketidakpastian di pasar keuangan. Trump terbang ke Korea Selatan pada hari Selasa, ke wilayah yang paling dekat dengan garis depan Pyongyang.

Teknikal

Pada hari Selasa, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1281.60 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1271.65 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1276.18 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat kerugian harian sebanyak USD 5.42.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas sedang melakukan fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 51 dengan indikasi berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang melakukan fase rebound. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka ada potensi support USD 1273.41 per troy ounce akan ditembus dimana  ada potensi support USD 1263.40 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan fase rebound maka resistan pada kisaran USD 1284.62 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi resistan USD 1295.82 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer 

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.