Emas Terus Berperforma Bullish : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Terus Berperforma Bullish

November 10, 2017
Emas Terus Berperforma Bullish

Harga Emas naik tipis dengan mencapai level tertinggi 3 minggu, namun secara umum masih berada dalam area pergerakan yang tercipta sejak awal Oktober. Penurunan dolar dan penurunan tajam pergerakan saham telah membantu dan mendukung harga logam emas.

Senat AS

Laporan dari Senat AS sub reformasi pajak menyatakan akan menunda pemotongan pajak perusahaan sampai 2019. Kondisi tersebut telah menciptakan beberapa keraguan bahwa paket pajak akan tertahan. Apalagi pasar sedang bersiap dengan kondisi plafon utang yang akan diperdebatkan pada bulan ini ketika semua orang fokus pada undang-undang perpajakan.

Apa yang kita lihat pada hari ini adalah indikasi awal bahwa volatilitas telah kembali ke pasar, kepuasan investor yang telah bergoyang dalam beberapa tahun terakhir kemungkinan akan berhenti dan pada lingkungan tersebut, aset safe haven seperti emas akan kembali menguntungkan.

Katalis

Bagaimanapun juga, ketika Anda melihat harga emas maka Anda tidak akan pernah menyimpulkan bahwa permintaan emas sedang menurun. Harga emas telah naik 11,7% pada tahun ini dan turun 2,7% dibanding kuartal ketiga pada tahun lalu.

Dalam menghadapi kenaikan dolar baru-baru ini dan harga saham yang terus naik. Kondisi harga emas telah benar-benar terbukti sangat tahan banting. Emas tetap merupakan lindung nilai risiko yang penting, namun pada saat ini pasar tidak memiliki katalisator. Meskipun mungkin terlalu dini untuk memastikannya, katalis yang akan mendorong harga emas mungkin sebenarnya akan muncul.

Mengutip potensi geopolitik, meningkatnya permintaan emas fisik di negara-negara India dan China, dan permintaan investasi sebagai lindung nilai terhadap koreksi harga saham yang terus melonjak maka tidak dapat disangsikan bahwa harga emas akan terus bergerak naik.

Teknikal

Pada hari Kamis, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1281.60 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1288.45 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1285.63 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat keuntungan harian sebanyak USD 4.03.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas masih sedang melakukan fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 62 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang melakukan fase rebound. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka ada potensi support USD 1279.61 per troy ounce akan ditembus dimana  ada potensi support USD 1273.41 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan fase rebound maka resistan pada kisaran USD 1289.62 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi resistan USD 1295.82 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer 

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.