Emas Tertekan Tipis Pasca Pengeboman Suriah : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Tertekan Tipis Pasca Pengeboman Suriah

April 16, 2018
Emas Tertekan Tipis Pasca Pengeboman Suriah

Harga Emas menguat tipis dan berada dalam tekanan tipis ketika pasar dibuka pada hari Senin setelah kekuatan-kekuatan Barat meluncurkan serangan rudal terhadap Suriah. Pasar bereaksi terhadap aksi militer AS di Suriah selama akhir pecan dan membuat pergerakan Treasury juga ikut melemah, sementara harga saham naik.

Suriah

Pada hari Sabtu, serangan rudal AS, Perancis dan Inggris menyerang jantung program senjata kimia Suriah sebagai pembalasan atas dugaan serangan gas beracun pada minggu yang lalu, tetapi serangan itu tampaknya masih belum menghentikan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Namun ketiga negara tersebut mengatakan serangan itu terbatas pada kemampuan senjata kimia Suriah dan tidak ditujukan untuk menjatuhkan Assad atau campur tangan dalam perang saudara.

Pemboman itu, yang dikecam oleh Damaskus dan sekutu-sekutunya sebagai tindakan agresi yang ilegal, dan menjadi intervensi terbesar oleh negara-negara Barat terhadap Assad dan sekutu kuatnya, Rusia.

Efek

Emas mendapat manfaat dalam beberapa hari terakhir sebagai aset safe-haven di tengah sengketa perdagangan AS-Cina ketika konflik di Suriah semakin meningkat, yang juga mendorong minyak di atas $ 70 per barel karena kekhawatiran tentang lonjakan ketegangan Timur Tengah.

Emas berkorelasi terbalik dengan dolar ketika dolar melemah pada akhir-akhir ini dan saat ini harga emas berada di kisaran USD 1340 per troy ounce.

Geopolitik

Pada saat ketidakpastian geopolitik terlihat secara signifikan, maka "tempat berlindung yang aman" hanya berada pada investasi emas yang cenderung mengesampingkan pengaruh dolar dalam penentuan harga, karena para investor mencari perlindungan kekayaan.

Sebaliknya, pasar terus merenungkan ancaman besar lainnya terhadap harga emas terhadap potensi perang dagang antara AS dan China. Hal ini cenderung memiliki dampak langsung yang kurang terhadap emas, meskipun dalam pandangan jangka panjang bahwa risiko ekonomi dari perang dagang dan konsekuensi aktualnya juga dapat menyoroti daya tarik emas sebagai tempat berlindung yang aman.

Teknikal

Pada hari Jumat, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1334.95 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1347.10 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1345.10 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapatkan keuntungan harian sebanyak USD 10.15.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas sedang melakukan fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 56 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bearish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bullish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang rebound. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1330.21 harus ditembus dimana ada potensi support USD 1319.40 akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Sebaliknya jika resistan USD 1347.70 per troy ounce ditembus maka ada potensi resistan terdekatnya di kisaran USD 1365.20 per troy ounce akan disentuh dan membuat bias harian berubah menjadi bullish.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.