Emas Tertekan Karena Ekspektasi The Fed : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Tertekan Karena Ekspektasi The Fed

June 16, 2017
Emas Tertekan Karena Ekspektasi The Fed

Emas turun ke level terendah tiga minggu pada sesi sebelumnya, terbebani oleh pergerakan dolar yang lebih kuat ketika investor menilai bahwa kenaikan suku bunga AS lainnya berpotensi masih akan dilakukan pada tahun 2017.

Donald Trump

Kerugian emas terbatasi, karena masih didukung oleh segudang ketidakpastian politik dan geopolitik di kawasan lain, termasuk laporan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump sedang diselidiki. Emas mendapatkan beberapa dukungan oleh pembelian safe haven setelah Washington Post melaporkan bahwa Trump sedang diselidiki oleh Penasihat khusus Robert Mueller atas kemungkinan menghalangi penyelidikan.

Selama masa ketidaknyamanan terjadi di seputar pemerintahan Trump maka para spekulan dan investor masih akan mencari emas yang terbukti mampu bertahan dengan cukup baik.

Bank of England

Pada hari Kamis, Bank of England kembali menahan suku bunga utamanya dengan tidak berubah, namun banyak pembuat kebijakan mengantisipasi untuk melakukan kenaikan suku bunga pada tahun ini. Secara keseluruhan, ada tren hawkish di antara bank sentral global ketika Bank of Canada juga membicarakan stimulus.

Emas 2017

Beberapa mata uang mulai rebound terhadap emas. Namun, beberapa investor masih berpandangan optimis pada prospek jangka panjang emas. Suku bunga riil di AS dan di seluruh negara global masih berada di area negatif yang memberikan gambaran besar bahwa emas masih tetap akan positif meskipun ada perubahan kecil dalam kebijakan suku bunga bank sentral AS ketika Chair's the Fed Janet Yellen dan rekan-rekannya menyusun sebuah rencana untuk mengurangi neraca bank sentral senilai 4,5 triliun dolar yang akan dimulai pada tahun ini.

Teknikal

Pada hari Rabu, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1260.29 per troy ounce. Harga Emas kembali bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1251.32 per troy ounce. Akhirnya harga emas ditutup pada kisaran USD 1253.57 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat kerugian dari dollar sebanyak USD 6.72.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas sedang melakukan fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di bawah indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 35 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi dalam kondisi bearish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang berkonsolidasi. Waspadai, jika harga emas menguat terhadap dollar maka resistan USD 1259.17 per troy ounce harus ditembus terlebih dahulu dimana ada potensi resistan USD 1277.56 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan pergerakan ke bawah maka support pada kisaran USD 1245.12 per troy ounce akan menjadi area yang akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.