Emas Tertekan Karena Aksi Jual : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Tertekan Karena Aksi Jual

November 13, 2017
Emas Tertekan Karena Aksi Jual

Pada sesi sebelumnya, di saat mendekati penutupan pasar Eropa. Indeks dolar tiba-tiba melonjak ketika harga logam emas terpukul tajam. Harga Emas jatuh dengan volume perdagangan besar senilai lebih dari $ 4 miliar yang tiba-tiba masuk ke dalam pasar. Lebih dari 40.000 kontrak jual emas berjangka senilai lebih dari $ 4,2 miliar masuk dalam dalam jangka waktu satu menit. Transaksi tersebut hampr sama dengan sekitar 10% dari volume perdagangan hari biasa.

Faktor

Beberapa trader emas menyimpulkan bahwa faktor-faktor penurunan akan lebih besar daripada faktor-faktor yang mendukung harga emas. Kebijakan moneter ketat di Inggris dan keputusan Bank Sentral Eropa (ECB) yang mulai membungkus program pembelian obligasi telah menghasilkan selera investor lebih besar masuk ke pasar saham karena memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibanding masuk ke dalam investasi emas.

Emas Fisik

Permintaan emas fisik di Asia masih akan tetap hangat pada minggu ini karena harga yang murah dapat membuat pembeli melakukan pembelian pada musim pernikahan di India. Emas dianggap sebagai bagian penting dari pernikahan di India, yang merupakan konsumen terbesar kedua di dunia setelah China.

Demikian juga, data terbaru menunjukkan bahwa Rusia telah meningkatkan pembelian emasnya dengan mencatat rekor tertinggi sebagai bagian dari kebijakan negara tersebut untuk melindungi diri dari sanksi Amerika Serikat.

Angka yang dikeluarkan oleh World Gold Council (WGC) menunjukkan bahwa Bank Sentral Rusia telah membeli 63 ton logam emas pada kuartal ketiga tahun 2017. WGC menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa cadangan emas Rusia telah mencapai 1.778,9 ton pada akhir September.

Teknikal

Pada hari Jumat, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1285.15 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1273.25 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1275.48 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat kerugian harian terhadap dollar sebanyak USD 9.67.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas masih sedang terkoreksi cukup tajam. Harga emas masih terlihat berada di bawah indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 40 dengan indikasi berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bearish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang tertekan. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka ada potensi support USD 1274.00 per troy ounce akan ditembus dimana  ada potensi support USD 1265.30 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan fase rebound maka resistan USD 1288.08 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer 

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.