Emas Tertekan Dan Terkonsolidasi : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Tertekan Dan Terkonsolidasi

December 07, 2017
Emas Tertekan Dan Terkonsolidasi

Emas sedikit tertekan dan saat ini tertahan di dekat level terendah dua bulan karena dollar AS berhasil menekan pergerakan harga di pasar menjelang pemungutan suara UU reformasi pajak AS. Harga emas berada pada kisaran USD 1264.57 per troy ounce dan saat ini masih berada dalam fase konsolidasi di harga terendah.

Pajak AS

Secara luas, kebijakan pemotongan pajak akan mengurangi pendapatan federal sebesar $ 1,3 triliun menjadi $ 2,0 triliun selama 10 tahun mendatang padahal di lain pihak pertumbuhan ekonomi harus bergerak lebih tinggi. Oleh karena itu pemerintah AS membutuhkan lebih banyak pinjaman yang akan menghasilkan hutang nasional yang lebih banyak. Satu hal yang pasti, kondisi plafon utang harus dinaikkan (dengan tidak mungkin untuk ditangguhkan). Walaupun, tampaknya ada skeptisisme terhadap pertumbuhan PDB dengan rencana pemotongan pajak ketika kurva imbal hasil sebenarnya mengarah ke resesi.

Kunci Data

Data pekerjaan sektor swasta AS dilaporkan meningkat sedikit lebih dari yang diperkirakan pada bulan November, yang terungkap dalam sebuah laporan yang dirilis pada hari Rabu. ADP mengatakan pekerjaan sektor swasta meningkat 190.000 pekerjaan pada November setelah melonjak 23.000 pekerjaan di bulan Oktober. Produktivitas tenaga kerja di AS mengalami peningkatan yang signifikan pada kuartal ketiga, menurut sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Rabu.

Trader dan investor menganggap data di atas sebagai kunci awal laporan pekerjaan resmi yang akan dirilis pada hari Jumat. Emas ditekan oleh beberapa pandangan dari jajak pendapat para ekonom, bahwa Federal Reserve AS hampir pasti akan menaikkan suku bunga pada minggu depan.

Teknikal

Pada hari Rabu, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1265.71 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1262.39 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1262.87 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat kerugian harian terhadap dollar sebanyak USD 2.84.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas sedang melakukan fase konsolidasi. Harga emas masih terlihat berada di bawah indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 31 dengan indikasi berada dalam kondisi jenuh jual. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bearish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang berkonsolidasi. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka ada potensi support USD 1260.83 per troy ounce akan ditembus dimana ada potensi support USD 1250.04 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan fase rebound maka resistan USD 1271.62 per troy ounce akan ditembus dimana ada potensi resistan USD 1278.28 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.