Emas Tergelincir Karena Aksi Ambil Untung : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Tergelincir Karena Aksi Ambil Untung

March 08, 2018
Emas Tergelincir Karena Aksi Ambil Untung

Harga emas melonjak saat dolar AS jatuh untuk hari keempat berturut-turut sehingga meningkatkan alternatif siaga. Tetapi akhirnya, harga emas tergelincir pada sesi sebelumnya setelah aksi ambil untung terjadi ketika mencapai level tertinggi satu minggu. Dolar bertahan di dekat level terendah 14 bulan terhadap yen, sementara harga saham global turun.

Harga emas turun 0,1 persen pada kisaran USD 1332,91 per troy ounce, setelah menyentuh level USD 1340.42 per troy ounce yang tercetak di level tertinggi 26 Februari.

Kenaikan tajam harga emas telah mendapat sedikit tekanan di tengah aksi profit taking yang sedang terjadi. Pasar masih tetap berada dalam kisaran fundamental makro yang saling bertentangan. Di satu sisi, prospek perang dagang akan membuat positif untuk pergerakan emas.

Cohn

Berita bahwa penasehat ekonomi teratas Trump mengundurkan diri telah memicu kekhawatiran perang dagang dan melemahkan dolar. Pengamat pasar mengatakan kepergian penasihat ekonomi Gary Cohn, Cohn mantan bankir Wall Street, akan membangkitkan kekuatan proteksionis di pemerintahan AS karena Presiden AS Donald Trump mencoba mengenakan bea impor untuk baja dan aluminium.

ADP

Laporan yang dirilis oleh prosesor penggajian ADP pada hari Rabu menunjukkan bahwa pekerjaan sektor swasta di AS meningkat lebih dari yang diperkirakan pada bulan Februari. ADP mengatakan bahwa pekerjaan di sektor swasta melonjak oleh 235.000 pekerjaan di bulan Februari setelah melonjak 212.000 pekerjaan pada bulan Januari.

Rilis The Beige Book dari Fed akan memberikan petunjuk tentang kondisi ekonomi di seluruh negeri.

Gubernur Federal Reserve Lael Brainard menyarankan laju kenaikan suku bunga mungkin perlu dipercepat. Lingkungan makro pada saat ini adalah cermin lingkungan yang kita hadapi beberapa tahun yang lalu," kata Brainard di New York University. Pada periode sebelumnya, tekanan ekonomi yang kuat melemahkan momentum pemulihan dan membebani kebijakan ekonomi.

Teknikal

Pada hari Rabu, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1335.90 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1322.07 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1334.09 per troy ounce. Pergerakan harga emas mengalami kerugian sebanyak USD 13.83.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini harga emas kembali terkoreksi. Harga emas masih terlihat berada di antara indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support dan resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 49 dengan indikasi berada dalam kondisi bearish. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bearish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini jika diperhatikan harga emas sedang melakukan koreksi. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1316.54 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi support terdekatnya di kisaran USD 1302.64 per troy ounce akan di sentuh oleh pergerakan harga selanjutnya. Tetapi sebaliknya, jika harga emas melanjutkan fase rebound maka resistan USD 1332.09 per troy ounce harus ditembus terlebih dahulu dimana ada potensi resistan terdekatnya di kisaraan USD 1347.64 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan emas.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.