Emas Naik Tipis Ketika Suku Bunga AS Naik : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Rencana Emas

ANALISA EMAS

Emas Naik Tipis Ketika Suku Bunga AS Naik

June 14, 2018
Emas Naik Tipis Ketika Suku Bunga AS Naik

Harga emas ditutup dengan mendapatkan penguatan yang moderat pada hari Kamis tetapi masih berada di bawah level USD 1300 per troy ounce ketika indeks dolar AS bergerak menuju level yang lebih tinggi setelah Federal Reserve AS memutuskan menaikkan suku bunga utama.

Harga emas diperdagangkan pada kisaran USD 1297.60 per troy ounce dengan naik sekitar USD 1.90 atau hampir 0,2% dan sempat berada di kisaan USD 1301.30 per troy ounce menjelang keputusan dirilis.

Fed

Federal Reserve akhirnya menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya pada tahun ini dan meningkatkan perkiraan bahwa ada kenaikan sebanyak empat kali pada tahun 2018 ketika tingkat pengangguran menurun dan inflasi melampaui target yang diproyeksikan sebelumnya.

The Fed pada hari Kamis memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan federal funds-nya sebesar seperempat persentase poin ke kisaran 1,75% hingga 2%. Bank sentral juga mengatakan mereka mengharapkan untuk menaikkan suku bunga sebanyak empat kali pada tahun ini.

“Pernyataan Fed yang hawkish, mencerminkan sinyal jelas bahwa masih ada kenaikan suku bunga tambahan pada tahun 2018.

Setelah kenaikan suku bunga AS pada bulan Juni tahun lalu, harga emas butuh beberapa minggu untuk memulai pergerakan rally hingga akhirnya mendapatkan kenaikan 10%. Jika harga emas melakukan hal yang sama setelah kenaikan pada bulan Juni ini, maka reli yang mungkin terjadi akan berada jauh di atas level kunci dari USD 1400 per troy ounce.

ECB

Minggu ini akan menjadi sibuk ketika para pembuat kebijakan moneter melakukan pertemuan. Bank Sentral Eropa akan melakukan pertemuan pada hari Kamis untuk membahas untuk pertama kalinya cara mengakhiri program pembelian obligasi meskipun mereka akan menunda pengumuman hingga bulan Juli. Demikian juga, Bank of Japan akan melakukan pertemuan kebijakan moneter bulanan pada hari Jumat.

Teknikal

Pada hari Rabu, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1295.70 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1301.07 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1298.85 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapatkan keuntungan harian sebanyak USD 3.15.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi sideways dan saat ini harga emas masih berada dalam fase konsolidasi. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 54 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi sideways dan saat ini jika diperhatikan harga emas masih berada dalam fase konsolidasi. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1292.54 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi USD 1287.90 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Sebaliknya jika resistan USD 1300.05 per troy ounce ditembus maka ada potensi resistan terdekatnya di kisaran USD 1307.56 per troy ounce akan disentuh dan membuat bias harian berubah menjadi bullish.

 

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.