Emas Naik Oleh Ekskalasi Perdagangan Global : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Naik Oleh Ekskalasi Perdagangan Global

April 11, 2018
Emas Naik Oleh Ekskalasi Perdagangan Global

Pada sesi sebelumnya, harga Emas bergerak naik hingga ke kisaran USD 1339 per troy ounce. Berita yang terkait dengan perang dagang antara China dan Amerika Serikat dipandang sebagai hal positif untuk harga emas.

Presiden China Xi berpidato dan indeks harga produsen AS dirilis bergerak naik. Naiknya harga emas, diterjemahkan dengan kenaikan harga indeks konsumen yang naik secara tak terduga sebanyak 3% menurut laporan Departemen Tenaga Kerja AS.

Cina

Secara keseluruhan pidato Presiden Cina Xi tentang perdagangan bernada damai dan membuat pasar emas maupun pasar saham membaca komentar tersebut sebagai sesuatu yang positif.

Harga logam emas naik dan membuat investor global kembali masuk ke investasi aset berisiko, seperti saham AS, setelah komentar dari China yang menenangkan ketakutan perang dagang. "Dolar AS melemah setelah berita dari China dan membuat penurunan ketegangan tarif perdagangan."

Trump

Kebijakan perdagangan Donald Trump terus membuat harga emas semakin menguat walaupun sempat bergerak whipsawed pada minggu lalu setelah pembantu presiden AS di Gedung Putih mencoba untuk menenangkan pasar ketika Donald Trump memperingatkan "rasa sakit" jangka pendek karena perang dagang dengan China.

Pada tahun ini, harga Emas telah naik lebih dari 2 persen karena kebijakan ekonomi Trump, termasuk pengumuman terbaru tentang tarif impor yang memacu kekhawatiran bahwa perang dagang antara China dengan AS akan meletus dan berpotensi akan menggagalkan pertumbuhan ekonomi global.

Pada hari Senin, Trump kembali mengecam Cina dengan mengatakan tarif impor yang ditempatkan pada mobil-mobil Amerika yang dijual di negara Asia "terdengar seperti salah." Perang dagang semakin memanas dan akan membuat harga emas naik ke atas.

Teknikal

Pada hari Selasa, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1336.20 per troy ounce. Harga Emas akhirnya kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1342.50 per troy ounce. Harga emas ditutup pada kisaran USD 1339.53 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapatkan keuntungan sebanyak USD 3.33.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini harga emas sedang melakukan fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 611 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi berada dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harian harga emas pada grafik 4 jam-an masih berada dalam kondisi bullish dan saat ini jika diperhatikan harga emas akan menguji di area resistan. Waspadai, jika harga emas melemah terhadap dollar maka support USD 1331.90 harus ditembus dimana ada potensi support USD 1318.78 akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Sebaliknya jika resistan USD 1345.02 per troy ounce ditembus maka ada potensi resistan terdekatnya di kisaran USD 1356.75 per troy ounce akan disentuh dan membuat bias harian berubah menjadi bullish.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. IndoGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan.