Emas Mendapatkan Keuntungan 8% Pada Tahun 2016 : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Mendapatkan Keuntungan 8% Pada Tahun 2016

January 02, 2017
Emas Mendapatkan Keuntungan 8% Pada Tahun 2016

Emas bergerak defensif pada hari perdagangan terakhir tahun 2016 dengan mendapatkan sebagian pergerakan keuntungan yang solid pada hari Kamis lalu. Meskipun demikian, logam emas mempunyai kinerja tahunan pertama yang positif dalam empat tahun terakhir. Sepertinya emas mendapatkan keuntungan tahunan sebanyak 8,5%. Hasil yang tidak terlalu buruk ketika Anda mempertimbangkan bahwa emas berada di bawah tekanan dalam lima bulan terakhir di tahun 2016!

Saham Global

Sementara itu, dilaporkan bahwa indeks saham utama AS berakhir dengan pergerakan tahunan ke atas "antara 8% dan 14%." Sedangkan indeks saham Jepang masih belum berada di dekat level tertinggi ketika upaya Quatitative Easing besar-bersaran  yang dilakukan BoJ sekitar ¥ 10000000000000 belum mampu melebihi dari setengah pergerakan indeks Nikkei.

Risiko Politik

Secara substansial, risiko politik yang tinggi masih dapat memperkuat risiko lainnya. Tekanan dari pemerintah Italia berpotensi akan membuat kekhawatiran krisis perbankan yang sedang berkembang pada saat ini.

Risiko politik yang lebih besar pada tahun 2017 adalah "kabar buruk bagi siapa saja yang membenci volatilitas pasar." Emas merupakan investasi safe haven yang menguntungkan ketika risiko tersebut muncul.

Perang Cyber

Selain itu, peristiwa perang cyber dapat menimbulkan risiko yang cukup besar untuk industri perbankan dan jasa keuangan tradisional. AS telah melakukan serangan balasan terhadap Rusia untuk melakukan serangan cyber terbaru. Vladimir Putin menanggapi dengan mengatakan, "kami berhak untuk membalas."

Dalam beberapa waktu ke belakang memiliki emas adalah ide yang baik ketika investor menyimpan sebagian kekayaan di luar sektor perbankan. Setumpuk uang koin emas mungkin dapat menjadi pilihan bagi investor.

Teknikal

Pada pergerakan hari Jumat, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1157.98 per troy ounce. Harga Emas kembali bergerak ke bawah  menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1149.57 per troy ounce. Akhirnya harga emas ditutup pada kisaran USD 1151.30 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 6.68.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini emas masih berada dalam fase rebound terkoreksi. Harga emas masih terlihat berada di antara indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support dan resistan bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 55 dengan indikasi berada dalam kondisi bearish. Sedangkan, indikator momentum 14 memberikan indikasi dalam kondisi bullish.


 

Secara umum, bias harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini sedang berada dalam fase koreksi. Waspadai, jika harga emas menguat terhadap dollar maka resistan USD 1165.34 per troy ounce akan disentuh oleh pergerakan selanjutnya. Tetapi sebaliknya, jika harga emas bergerak ke bawah maka support pada kisaran USD 1150.56 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi support USD 1143.95 per troy ounce akan menjadi area target pergerakan harga emas selanjutnya.


 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer
Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. AntamGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.