Emas Memperpanjang Kenaikannya : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Emas Memperpanjang Kenaikannya

January 11, 2017
Emas Memperpanjang Kenaikannya

Emas memperpanjang pergerakan ke atas dengan mencapai level 6-minggu tertinggi baru di kisaran USD 1190.61 per troy ounce. Harga emas menguat karena didukung oleh permintaan fisik di awal tahun baru dan penarik tambahan yang disediakan dari dolar serta pasar saham yang tampak berada sedikit di atas.

2016

Pergerakan emas pada akhir tahun 2016 tampaknya sangat mirip dengan tahun sebelumnya, dimana harga emas dipercaya pada akhir tahun akan bergerak naik karena suku bunga Fed. Kenaikan harga emas terlihat sejak pertengahan Desember karena lonjakan permintaan koin emas fisik America Eagle sehingga memvalidasi outlook. Hingga saat ini, harga emas naik lebih dari 6% dari posisi terendah.

Safe Haven

Emas naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu bulan pada hari Selasa, didukung oleh dolar AS yang lebih lemah dan karena kekhawatiran bahwa Inggris tidak memiliki waktu yang cukup dengan

Uni Eropa untuk membicarakan Brexit sehingga memicu pembelian safe-haven.

Poundsterling tergelincir pada hari Selasa setelah komentar Perdana Menteri Inggris Theresa May yang memicu pembicaraan bahwa Inggris akan tetap berhubungan dalam sektor perdagangan dengan Uni Eropa setelah Brexit.

Imlek

Emas juga mendapatkan dukungan kuat dari pembelian fisik di Cina menjelang Tahun Baru Imlek, meskipun prospek harga emas jangka panjang kemungkinan besar akan menghangat.

Logam emas telah mendapat banyak tekanan dalam jangka menengah. Pasar emas tidak mengharapkan untuk melakukan rally ke bawah seperti yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Prospek kenaikan suku bunga AS akan menjadi pendorong terbesar harga emas pada tahun 2017.

Teknikal

Pada pergerakan hari Selasa, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1180.94 per troy ounce. Harga Emas kembali bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1190.49 per troy ounce. Akhirnya harga emas ditutup pada kisaran USD 1186.64 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 5.7.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berada dalam kondisi bullish dan saat ini emas terus berada dalam fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 64 dengan indikasi berada dalam kondisi bullish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi dalam kondisi bullish.

Secara umum, bias harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bullish dan saat ini sedang berada dalam fase rebound. Waspadai, jika harga emas menguat terhadap dollar maka resistan USD 1190.49 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi emas bergerak menuju resistan USD 1207.51 per troy ounce. Tetapi sebaliknya, jika harga emas bergerak ke bawah maka support pada kisaran USD 1173.47 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi support USD 1162.95 per troy ounce akan menjadi area target pergerakan harga emas selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer
Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. AntamGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.