Akankah Januari Menjadi Bulan Emas ? : Beli Logam Mulia | Cek Harga Emas Hari ini | IndoGold Tabungan Emas

ANALISA EMAS

Akankah Januari Menjadi Bulan Emas ?

January 03, 2017
Akankah Januari Menjadi Bulan Emas ?

Emas memulai pergerakan pada awal tahun dengan merayap naik sedikit pada hari Selasa, meskipun ada tekanan dari dolar yang kuat. Dolar AS mendapatkan keuntungan yang luas pada hari Selasa ketika prospek kenaikan suku bunga AS pada tahun ini terus memperkuat sentimen bullish secara jangka panjang.

Emas 2017

Jika merunut kembali kejadian awal tahun 2016. Pada minggu pertama perdagangan tahun 2016, emas bergerak rally sebanyak 4,5%. Setelah dua minggu berkonsolidasi, emas melanjutkan pendakian dengan naik sebanyak 17% pada akhir Februari.

Pergerakan Emas cenderung bergerak reli di awal tahun dan bulan Januari akan menjadi bulan terbaik untuk emas sejak tahun 2000 dimana ada keuntungan rata-rata sebanyak 2,67% dan rally cenderung terkoreksi di bulan Februari.

Dollar AS

Setelah dollar AS yang bergerak rally pada akhir tahun karena didorong oleh pemilihan presiden AS dan mendorong pergerakan saham ke level tertinggi terbaru telah membuat sejumlah investor khawatir bahwa pasar akan sedikit tertekan pada awal tahun 2017. Emas cenderung untuk memulai tahun yang kuat

Pergerakan saham Asia pada awal tahun 2017 bergerak datar pada hari Selasa, meskipun terjadi lonjakan di pasar Eropa yang bergerak ke level tertinggi dalam lebih dari satu tahun.

Kebijakan Cina

Mulai bulan Juli 2017, bank dan lembaga keuangan lainnya di Cina harus melaporkan semua transaksi uang tunai di luar negeri yang melebihi 50.000 yuan ($ 7,201), dibandingkan dengan aturan sebelumnya sebanyak 200.000 yuan menurut bank sentral Cina pada hari Jumat.

Aturan baru Cina pada transfer mata uang luar negeri tidak untuk mengontrol modal, menurut kantor berita resmi Xinhua. Dilaporkan beberapa bank mengatakan kepada nasabah bahwa pembelian mata uang asing untuk properti, surat berharga dan asuransi jiwa tidak diperbolehkan.

Teknikal

Pada pergerakan hari Jumat, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1157.98 per troy ounce. Harga Emas kembali bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1149.57 per troy ounce. Akhirnya harga emas ditutup pada kisaran USD 1151.30 per troy ounce. Pergerakan harga emas mendapat keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 6.68.

Bias intraday, pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat masih berada dalam kondisi bearish dan saat ini emas masih berada dalam fase rebound. Harga emas masih terlihat berada di atas indikator simple moving average 20 dan 50 yang merupakan area support bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 60 dengan indikasi berada dalam kondisi bearish. Demikian juga, indikator momentum 14 memberikan indikasi dalam kondisi bearish.

Secara umum, bias harga emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada dalam kondisi bearish dan saat ini sedang berada dalam fase rebound. Waspadai, jika harga emas menguat terhadap dollar maka resistan USD 1163.10 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi emas bergerak menuju resistan USD 1178.58 per troy ounce. Tetapi sebaliknya, jika harga emas bergerak ke bawah maka support pada kisaran USD 1147.62 per troy ounce harus ditembus dimana ada potensi support USD 1132.14 per troy ounce akan menjadi area target pergerakan harga emas selanjutnya.

 

Team Consultant & Market Research

Disclaimer
Risk and Disclaimer

Setiap keputusan investasi haruslah merupakan keputusan individu, sehingga tanggung jawabnya ada pada masing-masing individu yang membuat keputusan investasi tersebut. AntamGold.com tidak bertanggung jawab atas segala keputusan investasi yang dilakukan oleh siapapun, baik itu mendatangkan keuntungan ataupun kerugian, dengan kondisi dan situasi apapun juga, yang diakibatkan secara langsung maupun tidak langsung.